Plastik Hingga Puntung Rokok, Ini 5 Sampah Terbanyak Di Bumi


Ocean Conservancy yang merupakan kalangan konservasi kelautan berbasi di Washington D.C, Amerika Serikat membeberkan fakta perihal jenis sampah yang paling banyak ditemukan di lautan.





Data dari lembaga konservasi tersebut menyebutkan bila puntung rokok yaitu sampah terbanyak yang didapatkan di perairan maritim. Kelompok ini sudah mengumpulkan sampah semenjak 1986 dan sudah terkumpul 60 juta puntung rokok yang didapat hanya dari pantai Washington D.C.





WHO atau Organisasi Kesehatan Dunia menyatakan bahwa mencampakkan puntung rokok secara asal pilih telah dilaksanakan oleh jutaan orang, dimana puntung rokok tersebut dibuang begitu saja di jalanan, trotoar dan selokan hingga ikut bersama arus air menuju lautan.





Informasi embel-embel lain, yakni sekitar 6 triliun batang rokok dibuat setiap tahunnya dan 90% filter rokok tersebut mengandung plastik. Artinya, lebih dari 1 juta ton plastik per tahun dihasilkan dari rokok.





Ironisnya, banyak perokok yang berasumsi bahwa penyaring rokok terbuat dari bahan yang dapat terurai dan mampu dimasak. Faktanya, filter rokok yang dibuat dari selulosa asetat atau sejenis plastik yang membutuhkan waktu lebih dari 10 tahun supaya mampu terurai secara alami.





pengelolaan limbah padat





Sampah Terbanyak di Bumi





Selain puntung rokok, berikut ini adalah 4 sampah terbanyak lain yang juga mengotori bumi:





1. Kemasan Makanan





Our World in Data mengkategorikan berbagai jenis sampah yang paling banyak di dunia, dimana urutan teratas ditempati oleh sampah dari bungkus makanan dan minuman dengan jumlah lebih dari 146 juta ton per tahun.





2. Kantung plastik





Peraturan Gubernur propinsi Jakarta perihal pelarangan kantung palstik dikala ini tengah disusun. Aturan ini nantinya akan menghalangi penggunaan kantung plastik sekali pakai, baik di pasar terbaru maupun tradisional.





Ide ini sejalan dengan hasil survei Dinas Lingkungan Hidup Jakarta dan Gerakan Indonesia Diet Kantung Palstik yang memberikan fakta bahwa warga Jakarta oke dengan pengurangan plastik kresek dan menunggu peraturan dari pemerintah terkait.





World Bank menyatakan kondisi lingkungan di Jakarta ketika ini semakin memprihatinkan, alasannya komposisi sampah kantung plastik di sungai Jakarta cukup besar, ialah 21,6% dan menempati urutan kedua sesudah sampah organik sebesar 52,1%.





3. Sedotan Plastik





Masih bersumber dari dari Data World Bank, bahwa sampah sedotan plastik juga termasuk dalam lima jenis yang paling banyak didapatkan di Indonesia. Jumlah sampah sedotan plastik per hari meraih 93,2 juta menurut Organisasi Divers Clean Action (DCA) dan memerlukan 500 tahun semoga terurai alami.





4. Styrofoam





Styrofoam juga masuk dalam 5 besar sampah terbanyak di bumi. Styrofoam adalah salah satu jenis dari zat polystyrene (PS) yang sudah dipakai lebih dari tujuh dekade untuk banyak sekali keperluan. Proses pengerjaan styrofoam melibatkan pencampuran gelembung udara sehingga mampu mengembang dan mempunyai berat yang ringan seperti busa.





Dalam kehidupan sehari-hari, styrofoam sering kita temui dalam banyak sekali bentuk mirip penyangga elektro hingga bungkus masakan. Styrofoam mempunyai nilai hemat yang tinggi alasannya adalah mampu di daur ulang, murah dan simpel. Akan namun, dibalik kelebihannya ternyata styrofoam membutuhkan waktu 80 tahun supaya terurai alami.


0 Response to "Plastik Hingga Puntung Rokok, Ini 5 Sampah Terbanyak Di Bumi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel