Pantai Dan Pesisir – Pemahaman, Perbedaan, Fungsi Dan Faedah


Pantai dan Pesisir – Ekosistem di bumi mampu dibedakan menjadi dua macam, yaitu ekosistem daratan dan ekositem perairan. Ekosistem daratan berupa pulau-pulau yang seakan mengapung di atas perairan luas, sedangkan ekosistem perairan berupa samudera dan ekosistem maritim.





Daratan dan perairan terpisah oleh batasan alam yang disebut daerah pesisir. Namun jika kita membahasnya dalam konteks pariwisata, maka ungkapan yang dipakai untuk menyebut perbatasan antara darat dan laut yaitu pantai.





Di Indonesia istilah pantai lebih populer dibanding pesisir, utamanya di sektor pariwisata. Lantas, apakah ada perbedaan pantai dan pesisir? berikut yakni penjelasannya.






Pengertian Pantai





Menurut definisinya, pantai ialah tempat perbatasan antara daratan dan lautan secara langsung. Oleh sebab itu, pantai seakan membentuk sebuah garis kasatmata sehingga dikenal dengan perumpamaan garis pantai. Garis khayal inilah yang kemudian menjadi penanda batasan antara daratan dan lautan.





pantai




Pengertian Pesisir





Banyak yang berasumsi, pesisir adalah tempat yang terletak sempurna di pinggir maritim atau daratan yang secara langsung berbatasan dengan bahari tersebut. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah.





Namun berdasarkan pengertiannya, pesisir merupakan kawasan dimana terjadinya kejadian pasang surut air laut. Secara lebih spesifik, pesisir yaitu kawasan yang jikalau laut sedang pasang, maka akan terendam air. Sebaliknya, kalau air maritim surut, maka kawasan ini tidak terendam air.





pesisir




Perbedaan Pantai dan Pesisir





Dari pengertian yang sudah diterangkan, maka mampu disimpulkan bahwa pantai dan pesisir memiliki perbedaan tetapi keduanya saling bekerjasama. Bahkan, kedua tempat ini tidak mampu dipisahkan begitu meski ada beberapa perbedaan mencolok bila dipelajari lebih jauh.





Panjang pesisir memiliki kesamaan dengan panjang pantai. Namun, lebar daerah pesisir bisa berlawanan antara satu dan lainnya, seperti pantai landai mempunyai pesisir yang jauh lebih luas dibandingkan dengan pantai yang curam.





Hal tersebut disebabkan karena di pantai landai, air bahari condong merendam lebih banyak area daratan jikalau dibandingkan dengan pantai berkontur curam yang terhalang oleh dinding karang, bebatuan, dan lain sebagainya.





Fungsi Pantai dan Pesisir





Indonesia ialah salah satu negara dengan garis pantai terpanjang di dunia. Garis pantai tersebut terbentuk karena wilayah Indonesia terdiri dari ribuan pulau.





Ribuan pulau di nusantara membentuk ribuan pantai, baik itu pantai yang belum pernah terjamah insan hingga pantai yang sudah berkembang menjadi destinasi wisata terpopuler.





Keberadaan pantai pun memiliki banyak faedah bagi kehidupan. Berikut ini ialah fungsi dan manfaat pantai secara biasa , yaitu:





1. Pariwisata





Fungsi pantai yang pertama yakni selaku daerah wisata sekaligus relaksasi. Pantai ialah salah satu lokasi terindah di dunia dengan pemandangan memukai. Oleh alasannya itu, pantai senantiasa menjadi tujuan utama para wisatawan, baik lokal ataupun luar negeri untuk berekreasi bersama keluarga ataupun relaksasi melepaskan penatnya kegiatan rutin sehari-hari.





Ada beberapa pantai di Indonesia yang sering dikunjungi untuk tujuan wisata, seperti Pantai Kuta di Pulau Bali dan Pantai Losari di Makassar, Sulawesi Selatan.





Kedua pantai tersebut merupakan rekreasi alam yang memberikan keindahan menakjubkan dari perpaduan antara pasir, ombak, pepohonan, masakan, hingga cenderamata. Makara jangan heran jika ada banyak orang yang senantiasa ingin pergi ke pantai untuk menghibur diri.





2. Mencegah Air Pasang





Manfaat pantai selanjutnya yaitu mampu menangkal air pasang membanjiri daratan. Pantai yang berbatasan dengan pesisir yang menjadi kawasan terjadinya pasang surut air laut. Biasanya, pasang surut air maritim akan besar lengan berkuasa dan mempunyai efek eksklusif pada pantai.





Jika dilihat dari sisi ekologi, pantai dan pesisir mempunyai faedah untuk mencegah air laut ketika pasang membanjiri daratan. Saat air laut pasang, maka air bahari cuma akan menggenangi kawasan pesisir pantai.





Namun pada beberapa masalah tertentu, tidak semua lokasi yang memiliki pantai bisa merasakan hal ini. Pasalnya, ada beberapa keadaan daratan yang justru posisinya lebih rendah sehingga risiko terjadinya banjir ketika pasang lebih besar.





3. Habitat Flora dan Fauna





Manfaat pantai dan pesisir selanjutnya yaitu sebagai habitat binatang dan flora. Di daerah ini terdapat banyak jenis hewan yang hidupnya sangat bergantung pada pantai dan air maritim. Beberapa jenis hewan yang kerap kita temui di tempat ini ialah cumi-cumi, kepiting, kerang, dan lain sebagainya.





Bukan cuma hewan, pantai dan pesisir juga jadi habitat alami dari beragam jenis tanaman, contohnya hutan bakau dan pepohonan lain yang memberikan keteduhan dari teriknya sinar matahari.


0 Response to "Pantai Dan Pesisir – Pemahaman, Perbedaan, Fungsi Dan Faedah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel