Pantai Walakiri – Paduan Pohon Menari & Siluet Jingga Langit Sumba


Pantai Walakiri – Sumba ialah sebuah pulau di kawasan Indonesia bab selatan dengan kekayaan alam yang sangat eksotik. Bahkan daratan 11.060 km² memiliki dua kawasan pelestarian alam yang dilindungi, yaitu Taman Nasional Manupeu Tanah Daru dan Taman Nasional Laiwangi Wanggameti.





Tidak cuma itu, daya tarik alam yang ditawarkan Sumba juga terdiri dari deretan pantai-pantai indah, salah satunya adalah Pantai Walakiri.





Pantai ini lokasinya tidak terlampau jauh dengan pusat kota, yakni berjarak 24 km dan bisa ditempuh kurang dari 30 menit. Secara administratif berada di Kelurahan Watumbaka, Kecamatan Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.





Pantai Walakiri memiliki hamparan pasir berwarna putih serta air bahari jernin nan biru. Sepanjang pinggir pantai dihiasi oleh gugusan pohon kelapa.





pantai walakiri




Satu hal yang unik dari pantai ini ialah adanya rumpun pohon bakau atau mangrove yang berkembang tidak terlalu besar, rantingnya berskala kecil dan daunnya tidak terlampau rimbun. Keunikannya terletak apda perkembangan ranti bakau yang tidak lurus, namun meliuk-meliuk. Bila diibaratkan, liukan tersebut seperti pohon yang sedang menari.





Pohon berjuluk pohon menari (dancing trees) ini akan terlihat dikala air maritim sedang surut. Keindahannya akan makin nampak ketika situasi senja dikala langit berwarna jingga menunjukkan sorot siluet pohon bakau tersebut. Tentunya momen ini jangan hingga dilewatkan untuk diabadikan lewat foto.





Saat air bahari surut, Pantai Walakiri tidak cuma menyajikan pemandangan pohon menari. Kita mampu berjalan-jalan lebih ke tengah dan bermain di hamparan pasir putihnya yang bertambah luas.





Pasir putih di pantai ini terdiri dari dua jenis, ialah pasir pesisir pantai dan pasir yang nampak ketika air laut surut. Pasir tepi pantai memiliki tekstur mirip pasir putih kebanyakan, bertekstur bergairah dan warnanya putih gading. Sedangkan pasir bekas air maritim surut mempunyai tekstur lebih halus seperti bedak tetapi padat.





Berbeda dengan pantai di Sumba lainnya yang cenderung sepi pengunjung, Pantai Walakiri justru cukup ramai menjadi temapt wisata. Hal ini disebabkan alasannya aksesnya yang mudah dituju dari kota dan pemukiman warga.









Bagi yang letih bermain di pantai, sekitar kawasan rekreasi alam Pantai Walakiri terdapat beberapa warung yang menawarkan makanan dan minuman dengan harga cukup terjangkau. Selain itu, untuk memasuki tempat pantai kita tidak perlu membayar tiket masuk, alias gratis setiap hari.


0 Response to "Pantai Walakiri – Paduan Pohon Menari & Siluet Jingga Langit Sumba"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel