Pantai Lasiana – Keindahan & Eksotisme Pesisir Kupang


Meski Kupang diketahui selaku kota yang panas dan kering, namun siapa ternyata memiliki gugusan pantai-pantai indah yang bisa dijadikan tujuan piknik. Wisata alam ini letaknya yang tidak jauh dari pusat kota, salah satunya ialah Pantai Lasiana.





Pantai Lasiana bisa ditempuh dalam 15 menit. Jaraknya sekitar 12 km ke arah timur dari pusat Kota Kupang atau Bandara El Tari Kupang. Lokasinya berada di Desa Lasiana, Kecamatan Kelapa Lima, Kabupaten Kupang Tengah, Nusa Tenggara Timur.





Pantai seluas 3,5 hektar ini sangat sesuai dikunjungi saat kita tengah ingin menenangkan diri. Pemandangannya yang indah dan suasa pantai yang hening memperlihatkan relaksasi bagi pikiran untuk kembali fresh.









Pantai Lasiana mempunyai pasir putih dengan hamparan perairan bahari biru nan jernih. Berbagai aktivitas mampu kita kerjakan di pantai ini, seperti berjemur, memancing, berenang, voli pantai dan berlangsung-jalan di sepanjang pesisir. Selain itu, perairannya yang relatif hening juga menunjukkan kita kesempatan untuk melakukan snorkeling.





Setidaknya disini ditumbuhi 65 pohon kelapa dan 230 pohon lontar yang berkembang sepanjang pesisir pantai putihnya.





pantai lasiana




Sedikit agak ke tengah menuju perairan dangkal Pulau Semau. Kita bisa melihat bangkai kapal perang milik Jepang yang karam. Penyebab tenggelamnya kapal ini ialah terkena bom oleh Angkatan Udara Australia pada tahun 1942.





Agar rekreasi semakin maksimal, kita sebaginya berkunjung pada sorea hari sebab pemandangannya akan lebih bagus. Bersantai di tepi pantai menyaksikan terbenamnya matahari diselingi siluet pohon kelapa dan pohon lontar tentu menawarkan sensasi liburan tersendiri.





Di daerah rekreasi Pantai Lasiana telah ada banyak sekali fasilitas yang cukup lengkap, mirip kamar mandi, toilet, warung makan, kios cinderamata, bar, bak renang, panggung hiburan rakyat, penginapan dan homestay. Bagi yang berlimbur bersama keluarga juga tak perlu khawatir, sebab bermain untuk bawah umur yang menyebabkan piknik semakin seru.





Warung makan di sepanjang pantai lazimnya menawarkan minuman khas, seperti es kelapa muda, jagung bakar dan pisang epe bakar yang sangat enak dinikmati sambil melihat pemandangan alam.





wanita pantai lasiana




Tak jauh dari sekitar pantai terdapat rumah Lopo-lopo. Lopo-lopo yaitu pondok khas Timor yang mampu dipakai turis untuk berteduh dan beristirahat. Keunikan dari rumah mungil ini adalahnya bentuknya yang seperti payung dengan tiang penyangga di bagian tengah, serta atapnya yang tersusun dari ijuk, daun lontar, pepah kelapa dan ilalang.





Untuk memasuki daerah Pantai Lasiana, kita perlu mengeluarkan ongkos tiket masuk Rp 2.000 dan parkir Rp 1.000 untuk motor serta Rp 3.000 untuk kendaraan beroda empat. Bayangkan! Hanya dengan harga semurah itu kita mampu menikmati eksotisme salah satu pantai di Kupang.


0 Response to "Pantai Lasiana – Keindahan & Eksotisme Pesisir Kupang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel