Telaga Claket – Ranu Kumbolo Pindah Ke Wonogiri!


Jika Gunung Semeru punya telaga Ranu Kumbolo yang begitu indah, di Wonogiri ternyata ada tempat yang dijuluki Ranu Kumbolo, yakni Telaga Claket.





Wisata alam yang Telaga Claket terletak di Dusun Keblokan, Desa Sendangijo, Kecamatan Selorigi, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Dari pusat kota Wonogiri, jaraknya sekitar 10 km yang bisa ditempuh kurang dari 30 menit.





Meski lokasinya bukan di gunung, lalu kenapa bisa panorama alamnya disandingkan dengan Ranu Kumbolo?





Bukan di pegunungan, telaga ini berada di kaki Bukit Widodaren. Sekeliling danau ditumbuhi rerumputan hijau yang begitu asri serta warna-warni bunga yang indah, hal inilah yang menyebabkan Telaga Claket dijuluki Ranu Kumbolo Wonogiri.





Untuk berkunjung dan menikmati pemadangannya, kita bisa masuk dari segi timur telaga dan akan melihat bukit yang berada di sebelah barat. Sudut pandang ini memperlihatkan pemandangan seakan berada di Miniatur Ranu Kumbolo.





Saat berlibur di telaga ini, kita mampu memilih beragam spot foto yang ditelah dihias dengan ornamen tertentu oleh pihak pengurus. Ada pula gazebo yang diresmikan di tepi danau dan mampu kita pakai untuk bersantai menikmati sejuknya telaga.





telaga claket




Selain itu, di Telaga Claket juga ada wisata agro, mirip memancing ikan hingga melihat ternak kambing yang digembala oleh warga.





Berbeda dengan Ranu Kumbolo yang keindahannya nampak di pagi hari saat matahari terbit, pemandangan Telaga Claket akan nampak indah pada sore hari dikala matahari mulai tergelincir. Gradasi warna jingga di langit berpadu dengan panorama telaga menunjukkan nuansa menenangkan.





Area wisata ini buka mulai pukul 07.00 pagi hingga menjelang maghrib. Beberapa akomodasi yang ditawarkan pengelola antara lain tempat parkir, kamar mandi, toilet, mushola dan penginapan. Untuk tiket masuknya sangatlah murah, ialah Rp 5.000 per orang dan ongkos parkir Rp 2.00 untuk motor serta Rp 3.000 untuk mobil.









Meski keindahannya tak bisa menyamai Ranu Kumbolo sepenuhnya, tetapi Telaga Claket patut masuk dalam acara wisata yang layak dikunjungi!






Makara kapan kau akan kesini?



0 Response to "Telaga Claket – Ranu Kumbolo Pindah Ke Wonogiri!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel