16 Jenis Lumba-Lumba Yang Terdapat Di Perairan Indonesia

Jenis Lumba-Lumba – Lumba-lumba ialah mamalia bahari yang sungguh pandai, jadi salah jikalau kita sebut jikalau lumba-lumba ialah jenis ikan, alasannya lumba-lumba sama seperti manusia yang dapat melahirkan dan menyusui.Lumba-lumba memiliki sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sungguh kompleks. Banyak teknologi yan terinspirasi dari lumba-lumba. Salah satu contohnya adalah kulit lumba-lumba mampu memperkecil gesekan dengan air, sehingga lumba-lumba mampu berenang dengan sedikit kendala air. Hal tersebut dipakai oleh para perenang untuk mendesain baju renang seperti kulit lumba-lumba. Selain itu lumba-lumba memiliki suatu tata cara yang dipakai untuk berkomunikasi dan menerima rangsangan yang disebut sonar, sistem ini mampu menyingkir dari benda-benda yang ada didepan lumba-lumba, sehingga lumba-lumba mampu mengelak dari benturan. Teknologi itu lalu dipraktekkan oleh ahli dalam pembuatan radar pada kapal selam.


Lumba-lumba yaitu hewan menyusui alasannya adalah lumba lumba merupakan mamalia. Mereka hidup di laut dan sungai di seluruh dunia. Lumba-lumba adalah kerabat paus dan pesut. Ada lebih dari 40 jenis lumba-lumba.Bayi lumba-lumba yang gres lahir akan dibawa ke permukaan oleh induknya semoga mampu menghirup udara. Lumba-lumba perlu naik ke permukaan untuk bernapas biar tetap hidup. Lumba-lumba bernapas melalui lubang udara yang terletak di atas kepalnya. Tubuhnya yang licin dan ramping sangat cocok untuk berenang.Lumba-lumba hidup dan bekerja dalam golongan atau disebut kawanan. Mereka sering bermain bareng .


Dari sekitar 40 jenis lumba-lumba yang ada di dunia, 16 spesies diantaranya hidup dan mampu ditemuai di perairan Indonesia. Lumba-lumba masuk dalam Ordo Cetacea, filum Chordata, dari keluarga Delphimidae. Kebanyakan masyarakat di Indonesia hanya mengenalnya hanya dengan sebutan lumba-lumba, sehingga tidak jarang jika banyak yang berpendapat jikalau lumba-lumba ialah binatang yang hanya mempunyai satu jenis saja. Kali ini FaunadanFlora akan membahas seputar jenis-jenis lumba lumba yang dapat kita jumpai di perairan Indoesia, diantaranya ..


1. Lumba-lumba Hidung Belang


lumba lumba hidung belang


Lumba-lumba hidung belang dalam bahasa Inggris disebut selaku Striped Dolphin atau Euphrosyne Dolphin. Nama latin binatang ini adalah Stenella coeruleoalba (Meyen, 1833) yang bersinonim dengan Stenella euphrosyne Gray, 1846 dan Stenella styx Gray, 1846. Lumba-lumba hidung belang merupakan salah satu lumba-lumba dengan kawasan sebaran terluas. Lumba-lumba ini ditemukan Samudera Atlantik, Pasifik, dan Hindia, dan laut yang berdekatan, tergolong di perairan Indonesia. Hewan berskala 2,7 meter dengan berat meraih 160 kg ini berstatus Least Concern.


2. Lumba-lumba Fraser


lumba lumba fraser


Nama latin dari lumba-lumba Fraser adalah Lagenodelphis hosei Fraser, 1956. Lumba-lumba ini disebut juga selaku Fraser’s Dolphin atau Sarawak Dolphin. Lumba-lumba Fraser mempunyai ukuran tubuh antara 2-2,7 meter dengan berat 160-210 kg. Memiliki tubuh kekar dan gempal, mempunyai sirip punggung kecil bahkan lebih kecil jikalau ketimbang jenis lumba-lumba yang lain. Lumba-lumba fraser mempunyai warna pada bagian atas tubuhnya berwarna debu-bubuk kebiruan atau kecoklatan, sedangkan pada bab bawah biasanya berwarna pucat putih atau merah muda.


3. Lumba-lumba Gigi Kasar


lumba lumba gigi kasar


Nama ilmiah lumba-lumba ini yakni Steno bredanensis (G. Cuvier in Lesson, 1828).Lumba-lumba Gigi Kasar disebut juga selaku Rough-Toothed Dolphin.Lumba-lumba ini merupakan genus Steno ini berskala meraih 2,6 meter dengan berat sekitar 160 kg. Memiliki kepala kecil dengan paruh yang panjang tanpa lipatan di melon. sirip punggung mereka relatif besar dan tinggi dan terletak di pertengahan kembali dan mereka mempunyai sirip yang relatif panjang (sirip dada). warna badan gelap dengan bibir putih dan tenggorokan dan jubah dorsal gelap yang sempit antara sirip blowhole dan punggung. Perut (ventral) permukaan memiliki bintik-bintik tidak teratur dan bercak-bercak.


4. Lumba-lumba Hidung Botol.


lumba lumba hidung botol


Lumba-lumba hidung botol merupakan jenis lumba-lumba yang paling populer. Dalam bahasa inggris disebut dengan banyak sekali nama mirip Common Bottlenose Dolphin, Bottlenose Dolphin, Bottle-nosed Dolphin, dan Bottlenosed Dolphin. Nama latin lumba-lumba ini yaitu Tursiops truncatus (Montagu, 1821).Panjang tubuhnya sekitar 2-4 meter dengan berat antara 135-635 kg. Warna mammalia pintar ini mulai dari bubuk-abu terperinci sampai hitam dengan warna yang lebih terperinci pada perutnya.


5. Lumba-lumba Hidung Botol Indo-Pasifik


lumba lumba hidung botol indo-pasifik


Nama latin hewan ini adalah Tursiops aduncus (Ehrenberg, 1833). Sedang dalam bahasa Inggris dikenal selaku Indo-pacific Bottlenose Dolphin, atau Indian Ocean Bottlenose Dolphin.Panjang badan lumba-lumba hidung botol Indo-Pasifik sekitar 2,6 meter dengan berat mencapai 230 kg. Ditemui hidup di perairan sekitar India, utara Australia, Laut China Selatan, Laut Merah, pantai timur Afrika, serta di perairan Indonesia. Tubuh bab atas berwarna bubuk-debu gelap dengan perut berwarna bubuk-debu keputihan dengan bintik-bintik debu-bubuk.


6. Lumba-lumba Moncong Panjang


lumba lumba moncong panjang


Lumba-lumba moncong panjang atau Long-beaked Common Dolphin mempunyai nama latin Delphinus capensis Gray, 1828. Ukuran tubuhnya relatif kecil dengan panjang antara 1,9-2,5 meter dengan berat mencapai 80-235 kg. Memiliki moncong yang panjang, tubuh debu-debu yang ramping, sirip punggung dan perut berwarna putih dan panel dada berwarna kekuningan.


7. Lumba-lumba Pemintal


lumba lumba pemintal


Nama latin lumba-lumba ini ialah Stenella longirostris (Gray, 1828).Lumba-lumba pemintal diketahui dengan kemampuannya dalam melompat sambil berputar berulang kali pada sumbu badan mereka. Dalam bahasa Inggris diketahui selaku Spinner Dolphin, Long-beaked Dolphin, atau Long-snouted Dolphin. Memiliki tubuh relatif kecil dengan panjang sekitar 2 meter dan berat antara 59-77 kg.


8. Lumba-lumba Punggung Bungkuk Indo-pasifik


lumba lumba punggung bungkuk indo-pasifik


Lumba-lumba ini memiliki nama latin Sousa chinensis (Osbeck, 1765).Lumba-lumba punggung bungkuk indo-pasifik dalam bahasa Inggris mempunyai beberapa sebutan seperti Indo-pacific Hump-backed Dolphin, Indo-Pacific Humpbacked Dolphin, Indo-pacific Humpback Dolphin, atau Chinese White Dolphin. Lumba-lumba ini memiliki ukuran sedang dengan panjang tubuh mencapai 2,8 meter dan berat antara 25-280kg.


9. Lumba-lumba Risso


lumba lumba risso


Nama latin lumba-lumba ini ialah Grampus griseus (G. Cuvier, 1812).Lumba-lumba Risso dalam bahasa Inggris dinamai sebagai Risso’s Dolphin atau terkadang disebut juga selaku Grey Dolphin.Jenis lumba-lumba ini cukup besar dengan panjang badan antara 2,6 – 4 meter dan berat antara 300 – 500 kg. Kepala bundar mempunyai lipatan vertikal di depan dengan tubuh anterior dan sirip punggung yang relatif besar.


10. Lumba-lumba Totol


lumba lumba totol


Nama latinnya yaitu Stenella attenuata (Gray, 1846) yang bersinonim dengan Stenella graffmani Lönnberg, 1934.Dalam bahasa Inggris lumba-lumba totol disebut dengan beberapa nama mirip Pantropical Spotted Dolphin, Bridled Dolphin, dan Narrow-snouted Dolphin.Tubuhnya relatif kecil dengan panjang sekitar 2 meter dan berat 114 kg. Moncongnya ramping. Termasuk lumba-lumba yang aktif dan atraktif dengan lompatan yang tinggi.


11. Paus Elektra


paus elektra


Nama latin mammalia bahari ini ialah Peponocephala electra (Gray, 1846).Paus Elektra atau Paus berkepala melon dalam bahasa Inggris diketahui sebagai Melon-headed Whale atau Electra dolphin. Spesies lumba-lumba yang kerap digolongkan selaku ‘blackfish’ ini berskala panjang sekitar 2,7 meter dengan berat 210 kg.


12. Paus Pembunuh


paus pembunuh


Meski disebut sebagai ‘paus’ tetapi jenis ini tergolong dalam keluarga lumba-lumba. Nama latinnya ialah Orcinus orca (Linnaeus, 1758) dengan persamaan kata Orcinus glacialis (Berzin & Vladimirov, 1983) dan Orcinus nanus Mikhalev et al., 1981. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai Killer Whale atau Orca. Jenis lumba-lumba ini berukuran terbesar. Panjang tubuhnya mampu mencapai 10 meter dengan berat meraih 10 ton. Tubuh bab atas berwarna hitam dengan bercak putih di bersahabat mata, dada dan segi tubuh berwarna putih.


13. Paus Pembunuh Kerdil


paus pembunuh kerdil


Jenis lumba-lumba ini dalam bahasa Inggris diketahui selaku Pygmy Killer Whale atau Slender Blackfish. Nama latinnya ialah Feresa attenuata Gray, 1875. Berukuran relatif kecil, Paus Pembunuh Kerdil mempunyai panjang badan sekitar 2,6 meter dengan berat sekitar 170 kg. Warna tubuh gelap dengan beberapa bagian berwarna putih kecil di bibir dan perut.


14. Paus Pembunuh Palsu


paus pembunuh palsu


Paus Pembunuh Palsu mempunyai nama latin Pseudorca crassidens (Owen, 1846).Merupakan jenis lumba-lumba terbesar ketiga. Paus Pembunuh Palsu dalam bahasa Inggris diketahui selaku False Killer Whale. Ukuran tubuhnya meraih 4,5 – 6 meter dengan berat badan sekitar 700 kg. Tubuhnya berwarna gelap kecuali pada beberapa di bersahabat tenggorokan dan dada tengah.


15. Paus-pilot Sirip-pendek


paus pilot


Nama latin jenis lumba-lumba ini adalah Globicephala macrorhynchus Gray, 1846 dengan sinonim Globicephala scammoni Bailey, 1936.Paus-pilot sirip-pendek memiliki tubuh sepanjang 3.7 – 5,5 meter. Berat tubuhnya meraih antara 1 – 3 ton.


16. Pesut


pesut mahakam


Pesut yaitu lumba-lumba air tawar. Jenis lumba-lumba ini mendiami perairan sungai di di India, Indocina, Filipina dan Kalimantan (Indonesia). Panjang tubuhnya sekitar 2,3 meter dengan berat 130 kg. Pesut yang hidup di Indonesia mendiami Sungai Mahakam di Kalimantan Timur, bisa disebut selaku Pesut Mahakam.


Itulah 16 jenis lumba-lumba yang mampu kita jumpai di perairan Indonesia. Semoga isu yang diberikan berguna.



0 Response to "16 Jenis Lumba-Lumba Yang Terdapat Di Perairan Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel